Jumat, 21 November 2014

MANFAAT JOGGING

Melakukan lari atau jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental.
Keuntungan olahraga lari atau jogging antara lain : Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya serta membuat tidur lebih nyenyak.
Tidak hanya itu, Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat sekalian cuci mata, merelaksasikan otak kita, serta bersosialisasi dan mengunjungi tempat dan rute baru. Selama melakukan olahraga lari, Anda juga dapat merasakan perasaan senang, bebas dan lepas sementara dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.
Untuk memulainya, Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda.
Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi olahraga lari, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.
Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olahraga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.
 Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogging, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.